Berita Angin

Informal Dan Prediksi

ISIS Klaim Lakukan Serangan Mortir di Kabul Selama Idul Adha

  1. ISIS Klaim Lakukan Serangan Mortir di Kabul Selama Idul Adha

BERITA ANGIN.COMKantor Berita ISIS, Amaq, hari Selasa 21 Agustus 2018 mengeluarkan pernyataan, di karkena kan ISIS Klaim Lakukan Serangan Mortir di Kabul Selama Idul Adha, amaq bertanggung jawab atas ‘serangan mortir’ terhadap Istana Presiden di Kabul, Afghanistan.

Rentetan roket menghantam Kabul, tepat ketika Presiden Ashraf Ghani sedang menyampaikan pidato Idul Adha yang disiarkan di televisi dalam upacara khusus di istana presiden. Setidaknya satu roket mendarat di dekat istana, dalam zona hijau di Kabul

ISIS Klaim Lakukan Serangan Mortir di Kabul Selama Idul Adha

BERITA TERKAIT

ISIS

Polisi Kabul mengatakan kelompok yang terdiri atas lima pembom bunuh diri bersembunyi di belakang Masjid Eidgah di Kabul dan menembakkan beberapa roket dari sana ke berbagai penjuru kota.

Satu sumber keamanan mengukuhkan setidaknya 10 roket ditembakkan, tetapi media lokal melaporkan lebih banyak. Empat dari lima pembom bunuh diri itu tewas dalam bentrokan dengan pasukan keamanan setempat.

Terdengar Ledakan saat Presiden Afghanistan Berpidato Sambut Idul Adha 

BERITAANGIN,com – Presiden Afghanistan Ashraf Ghani sedang berpidato melalui siaran langsung televisi untuk menyambut perayaan Idul Adha. Kemudian, terdengar ledakan di dekat istana kepresidenan. Mortir ditembakan oleh militan ke pusat area diplomatik di Kabul. Sedikitnya 10 ledakan terdengar selama Presiden Ghani menyampaikan pesan Idul Adha. Gambar-gambar di televisi menunjukkan asap hitam membumbung ke langit. Melansir BBC, Selasa (21/8/2018), helikopter tempur dikerahkan yang selanjutnya menembaki sebuah gedung yang diyakini sebagai lokasi keberadaan para militan, di distrik Reka Khana. 

Pasukan Afghanistan masih mengamankan sejumlah area yang menjadi target. Kendati, seruan Ghani untuk gencatan senjata pada Idul Adha ditolak oleh kelompok Taliban pada Senin (20/8/2018). Namun hingga kini, masih belum jelas pelaku yang menembakkan mortir dan berapa orang yang terlibat. Setelah beberapa jam setelah ledakan, semua penyerang diklaim telah terbunuh. Empat orang lainnya terluka, di mana dua di antaranya merupakan pasukan keamanan. “Pagi ini sekelompok teroris mengambil alih bangunan di Reka Khana dan menembakkan beberapa roket ke arah Kabul,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Afghanistan Najib Danish kepada AFP. Sementara itu, juru bicara kepolisian Kabul, Hashmat Stanikzai, menyatakan bentrokan senjata berlangsung di dekat masjid. “Polisi telah mengepung area tersebut,” ucapnya. Sebelumnya, Ghani  menawarkan gencatan senjata sementara selama Idul Adha hingga diperpanjang sampai 21 November 2018, untuk menandai hari kelahiran Nabi Muhammad. 

Baca juga: Presiden Afghanistan Serukan Gencatan Senjata selama Tiga Bulan dengan Taliban 

“Saya sekali lagi mengumumkan gencatan senjata mulai besok sampai hari ulang tahun nabi asalkan Taliban menanggapinya,” ucap Ghani. Pria berusia 69 tahun ini akan menyingkirkan semua hambatan untuk menuju perdamaian tersebut, setelah berkonsultasi dengan para ulama, partai politik, dan kelompok masyarakat sipil. “Kami menyerukan kepada pimpinan Taliban untuk menyambut keinginan warga Afghanistan mengenai perdamaian abadi dan nyata,” ujarnya.

Beritaagin.com: –  AS Harap Gencatan Senjata di Afghanistan Membuat Idul Adha Berlangsung Damai

“Saya sekali lagi mengumumkan gencatan senjata mulai besok sampai hari ulang tahun nabi asalkan Taliban menanggapinya,” ucap Ghani.

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *