Berita Angin

Informal Dan Prediksi

5 Fakta Indonesia yang Bikin Kamu Makin Bangga

5 Fakta Indonesia yang Bikin Kamu Makin Bangga

5 Fakta Indonesia yang Bikin Kamu Makin Bangga

BERITA GERHANA. – 17 Agustus 2018 Indonesia akan merayakan hari kemerdekaan ke-73. Setelah berpuluh-puluh tahun merdeka, apa kamu tahu fakta negara yang kamu tinggali?

Tak hanya terkenal dengan keanekaragaman budayanya saja, faktanya alam Indonesia pun tak kalah kaya. Misalnya di Pulau Flores yang terkenal sebagai habitat komodo.

Selain dihuni ribuan hewan berwarna cokelat tersebut, rupanya kawasan ini juga masuk dalam Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Tak hanya itu, ada fakta menarik lainnya yang makin membuatmu bangga tinggal di Indonesia. Apa saja?

1. Punya Ribuan Pulau

Fakta satu ini tentunya sudah tahu, bukan? Namun, terlepas dari itu, apa kamu tahu jumlah pasti berapa pulau yang ada di Indonesia?

Menurut survei yang dilakukan 2002 lalu oleh National Institute of Aeronautics and Space (NASA) rupanya Indonesia punya 18.307 pulau. Namun pada 2017, Pusat Hidrografi dan Oseanografi Angkatan Laut, menyatakan jika Indonesia punya 17.500 pulau.

Dari belasan ribu pulau yang ada, terdapat sekitar 9 ribu pulau yang dihuni. Sementara, lebih dari 13 ribu pulau di Indonesia sudah resmi terdaftar di PBB.

2. Punya Garis Pantai Terpanjang ke-2 di Dunia

Tak hanya memiliki ribuan pulau yang tersebar, ternyata Indonesia juga memiliki garis pantai yang sangat panjang. Bahkan masuk dalam lima besar sebagai negara dengan garis pantai terpanjang di dunia.

Dilansir Antara, Indonesia memiliki garis pantai terpanjang nomor dua di dunia, setelah Kanada. Panjangnya mencapai 99.093 km, setelah sebelumnya hanya 91 ribu km.

Bertambahnya panjang garis pantai ini karena Badan Informasi Geospasial memetakan seluruh pesisir menggunakan skala yang lebih detail dan besar. Yaitu dengan skala 1:25.000 untuk Jawa dan Bali, 1:50.000 untuk Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

3. Rumah Bagi Kadal Terbesar di Dunia

Sudah tahu Taman Nasional Komodo dihuni ribuan kadal raksasa, kan? Ya, komodo sudah menghuni Indonesia sejak 2 juta tahun lalu.

Di Taman Nasional Pulau Komodo, pengunjung bisa bertemu dengan 2.500 komodo. Tak hanya itu, wisatawan juga bisa melihat seribu spesies ikan, 260 spesies karang pembentuk terumbu, hiu, penyu, burung gosok, tikus endemik, dan masih banyak lagi.

Melihat hal ini, wajar saja jika pada 1986 Taman Nasional Komodo dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia, serta Cagar Biosfer Manusia oleh UNESCO. Wah hebat, ya?

4. Punya Gunung Api Terbanyak Ke-3 di Dunia

Deretan gunung yang terhampar dari Sabang hingga Marauke membuat Indonesia menjadi negara ketiga dengan gunung api terbanyak di dunia. Sementara di posisi pertama dan kedua dipegang oleh Amerika Serikat dan Rusia, menurut National Museum of Natural History’s Global Volcanism Program.

Hal ini terlihat dari jejeran gunung di pulau Sumatera, seperti Gunung Seulawah Agam, Gunung Kerinci, Gunung Sumbing, dan Gunung Rajabasa. Sementara di Pulau Jawa ada Gunung Krakatau, Gunung Salak, Gunung Papandayan, Gunung Guntur, Gunung Sumbing, Gunung Laweu, Gunung Semeru, dan masih banyak lagi.

5. Punya Tempat Wisata yang Masuk Daftar Situs Warisan Dunia

Dengan kekayaan alam yang dimiliki, wajar saja banyak tempat wisata yang dianugerahi panorama cantik dan kaya. Maka dari itu, tak heran jika ada tempat wisata yang masuk daftar Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Misalnya Taman Nasional Ujung Kulon di Banten yang diakui sejak 1991. Ada pula Candi Borobudur yang namanya sudah mendunia dan selalu dipenuhi wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Tak lupa ada Situs Arkeologi Sangiran yang ada di Jawa Tengah. Situs yang diakui pada 1996 ini akan membawamu mempelajari fosil manusia. Dan masih ada beberapa tempat wisata lainnya yang masuk dalam Situs Warisan Dunia.

Gimana? Membanggakan, ya?

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *