Berita Angin

Informal Dan Prediksi

Jangan Tunggu Sakit untuk Mulai Pola Hidup Sehat

Olahraga Teratur

GERHANATOTO.COM  Jember – Pola hidup sehat semakin populer dijalankan seiring meningkatnya kesadaran masyarakat dan terbukanya akses informasi. Namun, tak sedikit yang masih menganggap remeh. Ketika jatuh sakit, baru deh sadar bahwa hidup sehat tidak bisa terjadi begitu saja.

“Menjalani pola hidup sehat sebenarnya tidak sulit jika dilakukan sejak kecil. Sejak masa hamil, seorang ibu harus mengonsumsi makanan sehat,” kata kepala Instalasi Humas dan PKRS Rumah Sakit Daerah dr Soebandi Jember, dr Justina Evy Sp. KJ.

Selain itu, kata dia, kebiasaan sehat itu dilanjutkan ketika masa tumbuh kembang. Dengan kebiasaan sejak dini, tidak sulit bagi anak untuk terus membiasakan hidup sehat sampai mereka dewasa.

“Dan nantinya, diharapkan mereka juga mengajarkan pola hidup sehat pada anak cucu dan teman-temannya,” paparnya.

Jadi, sambung dia, jangan salahkan anak jika mereka tidak suka makan sayur karena bisa jadi karena sejak dalam kandungan. Mereka tidak dibiasakan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Apalagi, saat ini iklan tentang bumbu penyedap dan aneka makanan instan begitu merajalela.

“Begitu televisi menyala, iklan-iklan itu berseliweran dan tanpa disadari menjajah pola pikir kita yang pada akhirnya memengaruhi persepsi kita, khususnya ibu rumah tangga dalam mengurus anak,” ujarnya.

Bahkan, ikut pula memengaruhi pola pikir anak tentang makanan yang lezat dan tidak lezat. Makanan yang ada di televisi akan mereka anggap sebagai makanan yang lezat dibandingkan makanan yang disiapkan ibu mereka.

Alhasil, gaya hidup, pengaruh media massa, iklan yang merajalela, termasuk berdirinya restoran-restoran fast food semakin memperburuk pola makan masyarakat Indonesia.

Belum lagi, ditambah dengan kebiasaan merokok, minum-minuman beralkohol, begadang untuk clubbing sampai pagi semakin memperburuk derajat kesehatan seseorang.

 

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *